Kumpulan Berita dan Informasi Unik dan Agak Menyentil

Monday, November 30, 2015

Danau Tambing, Objek Wisata Baru Andalan Poso Sulawesi Tengah

loading...

Berita Unik dan Menggelitik - Objek Wisata Danau Tambing masuk dalam kawasan taman nasional Lore Lindu yang terletak di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Selatan, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. 

Ekowisata Danau Tambing memiliki luas areal mencapai 20 hektare dan 6 hektare diantaranya danau. Selebihnya kawasan hutan dan obyek wisata lain terletak pada ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut.

Untuk mencapai lokasi itu cukup dengan naik kendaraan mobil atau motor dengan waktu tempuh hanya dua jam. Prasarana sudah memadai (beraspal) dengan berkelok-kelok. Jarak dari Kota Palu sampai ke lokasi sekitar 90 Km.

Di kawasan ekowisata Danau Tambing, Sulawesi Tengah, tumbuh lima jenis kantong semar. Salah satu spesies kantong semar endemik Danau Tambing adalah kantong semar jenis Nepenthes pitopangii. Spesies itu hanya tumbuh di kawasan hutan lindung sekitar Desa Sedoa. Selain itu, ada spesies Nepenthes nigra, Nepenthes maxima, Nepenthes tentaculata dan Nepenthes mirabilis.





Objek Wisata Danau Tambing

Selain kantong semar, macam-macam anggrek juga tumbuh di kawasan taman nasional itu. Pengelola taman nasional akan membangun tempat penangkaran anggrek di kawasan itu.

Kesemua tumbuhan langka ini menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke obyek wisata itu. Banyak pengunjung yang tertarik dengan tumbuhan langka yang juga dilindungi undang-undang tersebut. Selain tumbuhan dimaksud, juga terdapat berbagai tanaman anggrek yang menarik dan indah.

Kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke objek wisata Danau Tambing, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah meningkat cukup drastis.

Pada hari libur Sabtu dan Minggu, rata-rata jumlah wisatawan Nusantara maupun mancanegara yang datang ke Danau Tambing berkisar 100-200 orang.

Dalam sepekan ini saja, kata dia, ada lebih 10 turis dari Belanda, Denmark dan Amerika yang berkunjung ke Danau Tambing.

Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke Danau Tambing ?

Lihat Video Danau Tambing, Objek Wisata Baru Andalan Poso Sulawesi Tengah :